EFEKTIVITAS PROGRAM KALIMASADA DI KELURAHAN KETABANG KECAMATAN GENTENG KOTA SURABAYA

Noerma Ningrum, Tauran Tauran

Abstract


Abstraksi

Peningkatan kualitas pelayanan publik menjadi tujuan utama pemerintah daerah, termasuk melalui inovasi pelayanan yang efektif dan efisien. Salah satu inovasi dari Pemerintah Kota Surabaya adalah Program Kalimasada (Kawasan Lingkungan Masyarakat Sadar Administrasi), yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya administrasi kependudukan dan mempermudah akses layanan administrasi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas Program Kalimasada di Kelurahan Ketabang, Kecamatan Genteng, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Fokus penelitian menggunakan teori “lima tepat” menurut Nugroho (2014), dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta analisis data melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Kalimasada tepat kebijakannya, didukung oleh aplikasi KNG yang memudahkan warga dalam mengurus dokumen adminduk, terutama bagi mereka yang terkendala waktu. Program ini telah berjalan sesuai prosedur dan arahan pimpinan, dengan peningkatan antusiasme masyarakat dalam melakukan pembaruan data kependudukan. Program ini juga tepat lingkungan karena memudahkan layanan baik melalui RT rintisan maupun Balai RW. Dari segi proses, masyarakat menerima manfaat positif sebagai solusi atas kendala waktu. Diharapkan ke depan terbentuk forum rutin khusus membahas administrasi kependudukan, diiringi sosialisasi berkala serta penyediaan sarana komputer dan akses internet yang memadai untuk mendukung pelayanan yang optimal.

 

Abstract

Improving the quality of public services is a primary goal of local governments, including through effective and efficient service innovations. One of the innovations from the Surabaya City Government is the Kalimasada Program (Community Area Aware of Administration), which aims to increase public awareness of the importance of population administration and to facilitate access to administrative services. This study aims to describe the effectiveness of the Kalimasada Program in Ketabang Subdistrict, Genteng District, using a descriptive qualitative approach. The research focus applies the “five rights” theory by Nugroho (2014), with data collection techniques including observation, interviews, and documentation, and data analysis through reduction, presentation, and conclusion drawing. The results show that the Kalimasada Program is the right policy, supported by the KNG application that makes it easier for residents to manage population administration documents, especially for those constrained by time. The program has been implemented according to procedures and leadership directives, with increasing public enthusiasm in updating population data. It is also environmentally appropriate as it facilitates services through both pilot neighborhood units (RT) and community halls (RW). In terms of process, the community benefits positively as a solution to time constraints. It is expected that in the future, a regular forum specifically discussing population administration will be formed, accompanied by periodic socialization as well as the provision of adequate computer facilities and internet access to support optimal service delivery.



Full Text:

PDF

References


Ahmad, B. (2018). Pelayanan Publik Teori dan Praktik. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik Kota Surabaya. (2024). Kecamatan Genteng Dalam Angka. Surabaya: Badan Pusat Statistik.

Darmawan, A., & others. (2022). Peningkatan Kesadaran Masyarakat Akan Pentingnya Kepemilikan Dokumen Kependudukan. J. Bina Desa, 4(3).

Elu, W. B. (2014). Inovasi dan Perubahan Organisasi. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Hardianto, H. (2022). Transformasi Layananan Administrasi Kependudukan Indonesia Dalam Mewujudkan Konsep Welfare State. AJUDIKASI J. Ilmu Huk., 6(2).

Haryono, N., & others. (2017). Proceeding International Conference Toward Open Government: Finding The Whole – Government Approach. Surabaya.

Hayat. (2017). Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Indahri, Y. (2017). Tantangan Pengelolaan Penduduk Di Kota Surabaya. Jakarta: Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI.

Isti’anah, S. N. (2023). Efektivitas Program Kalimasada Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Pentingnya Administrasi Kependudukan di Kelurahan Kendangsari. Publika J. Adm. Publik, 9(2), 171–178.

Mahrani, S., & Hardjati, S. (2023). Optimization Of The Program Of Environmentally Conscious Areas Of Population Administration (KALIMASADA). J. Gov. Adm. Reform, 4(2).

Mangkunegara. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan Edisi 2. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Marsono, & others. (2017). Pengukuran Indeks Persepsi Inovasi Pelayanan Publik. Jakarta: Pusat Inovasi Pelayanan Publik, LAN.

Melinda, M., Syamsurizaldi, & Kabullah, M. I. (2020). Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Online (PADUKO). Nahkoda J. Ilmu Pemerintah., 19(2).

Moleong, L. J. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mufidah, M., & Rahmadanik, D. (2022). Implementasi Program Kalimasada Melalui Aplikasi Klampid New Generation Di Kantor Kelurahan Pagesangan. PRAJA Obs. J. Penelit. Adm. Publik, 3(1).

Mukarom, & Laksana. (2018). Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Mulyadi, D., & others. (2016). Administrasi Publik Untuk Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.

Ningtyas, P. C., & Umiyati, S. (2023). Inovasi Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Program Kawasan Lingkungan Masyarakat Sadar Administrasi Kependudukan. Innov. J. Soc. Sci. Res., 3(5).

Nugroho, R. (2014). Public Policy: Dinamika Kebijakan Publik Analisis Kebijakan Publik dan Manajemen Politik Kebijakan Publik. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Pradini, F. A., & Hidayat, E. (2023). Implementasi Pelayanan Penerbitan Akta Kelahiran Balita Menggunakan Klampid New Generation di Kelurahan Dupak. Public Inspir. J. Adm. Publik, 8(2).

Rahmawati, E. W. E. N. (2023). Efektivitas Program Kalimasada dispendukcapil Kota (Studi Kasus Kecamatan Pakal Dan Kecamatan Benowo). J. Inov. Sekt. Publik, 3(3).

Romadhona, L. D., & Nawangsari, E. R. (2023). Pelaksanaan Program Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Kalimasada. J. Pengabdi. Kpd. Masy. Mandiri, 1(2).

Saputra, S. A., & Nawangsari, E. R. (2024). Efektivitas Program Kalimasada melalui Pelayanan Sayang Warga di Kelurahan Gebang Putih Kota Surabaya. J. Ilm. Wahana Pendidik., 10(10).

Setiyowati, T. T. (2022). Efektivitas Program Kalimasada di Kelurahan Medokan Semampir, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya. Praja Obs. J. Penelit. Adm. Publik, 2(2), 113–117.

Siagian, S. P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Utami, S. S., & Prabawati, I. (2024). Implementasi Program Kalimasada Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kelurahan Margorejo Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya. J. Publika Univ. Pembang. Nas. “Veteran” Jawa Timur Publika, 12(1).

Wang, J. (2013). Studi Tentang Implementasi Undang-undang nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan di Kantor Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur. eJournal Adm. Negara Fisip Unmul, 1(4).

Widodo, U. (2017). Inovasi Harga Mati Sebuah Pengantar Inovasi Administrasi Negara. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yunita, R. (2017). Studi Tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Desa Bukit Makmur Kecamatan Kaliorang Kabupaten Kutai Timur. J. Pemerintah. Integr., 5(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.